Facebook Graph Search: Produk Terbaru Dari Facebook

Facebook Graph Search: Produk Terbaru Dari Facebook


facebook-rilis-graph-search


Pada tanggal 15 Januari 2013 (waktu Indonesia) yang lalu Facebook resmi merilis produk terbaru mereka yang mereka namakan Graph Search. Ini adalah produk utama yang pertama kali mereka keluarkan sejak Facebook menggelar IPO pada bulan mei tahun 2012 yang lalu.
Peluncuran Graph search ini sendiri bertujuan untuk membantu para pengguna Facebook dalam mencari informasi langsung melalui akun Facebook mereka. Dengan kata lain para pengguna Facebook dapat mencari informasi tentang orang lain, foto, hal-hal yang mereka sukai, dan lain-lain di dalam Facebook dengan cepat dan mudah.
Walaupun Facebook Graph Search masih dalam tahap Beta, tentu saja produk Facebook ini bisa menjadi sebuah ancaman serius bagi Google yang selama ini telah mendominasi internet dalam hal layanan mesin pencari. Boleh dibilang bahwa saat ini telah terjadi perang terbuka antara Google dan Facebook. Mungkinkah Grap Search ini dapat menyaingi atau bahkan mengalahkan mesin pencari Google? Masih terlalu dini untuk memprediksinya.
Pada Facebook Graph, melakukan pendekatan yang berbeda dengan mesin pencari seperti Google, Bing, dan Yahoo. Search engine seperti Google, Yahoo, dan Bing mengatur pencarian berdasarkan algoritma yang disusun sedemikian rupa  dan memberikan hasil pencarian web berdasarkan kata kunci yang diketikkan oleh user di mesin pencari tersebut. Graph search melakukannya dengan cara yang berbeda, hasil pencarian yang diberikan oleh produk Facebook ini adalah berdasarkan pada lingkup kehidupan pengguna Facebook itu sendiri, misalnya; pertemanan, foto, like, lokasi, dan lain-lain. Jika di Google setiap orang akan menemukan hasil pencarian yang sama maka di Facebook akan memberikan hasil pencarian yang berbeda-beda pada setiap penggunanya. Dengan begitu Graph search menawarkan personalisasi pada setiap penggunanya.

0 komentar: