Pemanfaatan Komputer di Berbagai Bidang
Komputer adalah suatu alat elektronik
yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input
sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil
pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.
Manfaat
Komputer
Komputer pada saat
ini banyak digunakan sebagai alat bantu untuk mengolah berbagai jenis data, seperti :
§ Penyiapan
surat-menyurat sampai dengan penyimpanan arsip dikantor.
§ Pembuatan film
dalam bidang animasi dan efek-efek 3 dimensi
§ Pencarian buku
berdasarkan judul buku dan nama pengarang di perpustakaan
§ Pelayanan
administrasi dan mutu pelayanan medis pada rumah sakit.
§ Pemesanan tiket
peswat terbang pada perusahan penerbangan domestik maupun internasional.
§ Administrasi
negara seperti administrasi data kepegawaian, administrasi data kependudukan,
pembuatan KTP, SIM dan lain sebagainya.
§ Penggunaan
komputer dalam bidang industri.
Pemanfaatan
Komputer dalam Beberapa Bidang
q Bidang
Pendidikan
q Bidang
Industri
q Bidang
Ilmu dan Teknologi
q Bidang
Pemerintahan
q Bidang
Kedokteran
Bidang
Pendidikan
Paket aplikasi dalam dunia pendidikan
yang digunakan untuk membantu memudahkan dalam proses belajar mengajar.
Adapun contoh pemanfaatan komputer dalam dunia pendidikan adalah :
§ Untuk membuat database, data siswa dan
pegawai
§ Untuk administrasi surat menyurat
§ Untuk aplikasi perpustakaan elektronik
§ Untuk menyusun administrasi
perlengkapan pengajar seperti :SILABUS, dan RPP
§ Sebagai media pembelajaran, guna
menyampaikan materi pembelajaran, yaitu dengan membuat slide- slide menarik
tentang materi pembelajaran
§ Menyusun anggaran dan belanja sekolah.
§ Akses internet untuk menunjang proses
pembelajaran.
Bidang
Industri
Kegunaan komputer di bidang industri
sekarang ini telah meluas digunakan karena memungkinkan proses produksi di
dalam industri lebih efisien dan lebih efektif dalam proses produksi komputer
dapat digunakan untuk pengawasan numeric atau pengawasan proses (control
proces) jadi semua teknologi tersebut tidak menggunakan system manual atau
dijalankan oleh manusia.
Bidang
Ilmu dan Teknologi
§ Ahli nuklir dapat membuat model reaktor
nuklir pada layar computer dan tidak lagi perlu membuat model sebenarnya hal
ini juga untuk menghindari biaya dan resiko bahaya nuklir nuklir karena
mengandung radiasi yang tinggi.
§ Ahli kimia dapat menggunakan komputer
untuk membuat model-model molekul dan melihat reaksi kimia melalui simulasi
dalam pencampuran masing2 molekul.
§ Ahli geologi menggunakan komputer untuk
mempelajari
keadaan tanah serta countour dari suatu daerah.
Bidang
Pemerintahan
Baru-baru ini pemerintah juga mulai
menerapkan sistem ICT(Information and Communication Technology) . Sistem
informasi itu sendiri terdiri dari fungsi-fungsi input, proses, output, storage
dan communication. Sistem informasi ini dipergunakan dalam praktek lembaga
pemerintahan dalam semua bidang tugas dan fungsi Pemerintah yang didalamnya
terdiri dari beberapa segi, antara lain pemerintahan, tata usaha negara,
pengurusan rumah tangga negara dan pembangunan Sistem informasi dalam praktek
pemerintahan.
Bidang
Kedokteran
Kegunaan komputer di bidang kedokteran
salah satunya adalah untuk mendiagnosa penyakit dan menemukan obat yang tepat.
Penggunaan komputer dalam dunia kedokteran ditandai dengan penggunaan system
CAT (Computerized Axial Tomography) pertama kali tahun 1973 untuk membuat
gambar otak. Sekarang CAT digunakan untuk mengambil seluruh organ tubuh yang
lainnya.
Contoh
Pemanfaatan Komputer di Masyarakat
§ Mobil Pandai
§ Perpustakaan Elektronik
§ Pengendalian Lalu-lintas Udara
§ Pengolahan Data Cuaca
§ Video Game
Mobil
Pandai
Misalnya pada tahun 1985, oldsmobile
dari US telah menerapkan sistem kendali berbasis pengolah mikro pada produknya.
Pengolah mikro mendapatkan masukan data dari beberapa sumber, seperti :
§ Meter pompa injeksi (beban mesin)
§ Alternator (putaran mesin/menit)
§ Sistem pendinginan mesin
§ Sensor tekanan absolut untuk memantau
sirkulasi dan pembuanagan gas
§ Gigi transmisi
Perpustakaan
Elektronik
Komputer pada saat ini sudah mampu
menggantikan catalog dan berdaya tampung besar. Sistem basis data juga telah
berkembang sehingga mampu untuk mengelola data dalam jumlha yang amat besar.
Kemajuan dalam tekhnik pencarian kembali informasi telah memungkinkan dilakukan
pencarian kembali informasi dalam waktu yang singkat.
Pengendalian
Lalu-lintas Udara
Lalu-lintas udara merupakan lalu-lintas
yang paling rawan dalam kehidupan manusia, pengendalian lalu-lintas udara sudah
dilaksanakan secara modern, dilakukan dengan peralatan canggih berbasiskan
komputer. Hal ini dilakukan karena kelalaian dalam pengendalian lalu-lintas
udara akan berakibat fatal.
Pengolahan
Data Cuaca
Data cuaca dikumpulkan dari ratusan atau bahkan ribuan stasiun stasiun pemantau
di bumi dan di angkasa. Data ini disalurkan melalui saluran telekomunikasi
internasional ke pusat pengolahan data cuaca. Untuk memembentuk model
peraamalan cuaca lokal.
Video
Game
Permainan ini cepat sekali mendapat
pasaran dan terutama sekali di gemari oleh generasi muda. Berbagai jenis
permainan yang belum pernah ada terwujud menjadi kenyataan. Para pendukung
permainan ini menyatakan bahwa sifat permainan adalah mendidik dan meningkatkan
koordinasi antara mata dan tangan. Ada sementara pendapat yang mengatakan bahwa
anak muda yang menyukai permaianan video mereka akan tertarik dengan komputer
dan pemrogramman akan tetapi kenyataannya komputer pribadi lebih banyak
digunakan untuk permainan.
*Peranan Komputer Dalam masyarakat
Tanpa kita sadari, komputer telah
berperan di masyarakat. Hal ini berlaku di negara maju maupun di negara yang
sedang berkembang di Indonesia. Komputer sebenarnya tidak berbeda dengan produk
tekhnologi lainnya seperti kereta api, pesawat terbang, mobil televisi dan lain
sebagainya. Apa yang membedakan komputer dengan produk lainnya adalah
kemampuannya untuk dapat diprogram guna melaksanakan berbagai macam tugas
dengan kecepatan dan ketelitian yang tinggi. Pada dasarnya komputer
digunakan sebagai alat bantu untuk menyimpan, mengolah dan mengambil kembali
data yang diperlukan. Bidang pekerjaan yang juga mulai terpengaruh seperti
terlihat dicontoh berikut ini :
§ Penyiapan surat-menyurat sampai dengan
penyimpanan arsip dikantor.
§ Pembuatan film dalam bidang animasi dan
efek-efek 3 dimensi
§ Pencarian buku berdasarkan judul buku
dan nama pengarang di perpustakaan
§ Pelayanan administrasi dan mutu
pelayanan medis pada rumah sakit.
§ Pemesanan tiket peswat terbang pada
perusahan penerbangan domestik maupun internasional.
§ Administrasi negara seperti administrasi
data kepegawaian, administrasi data kependudukan, pembuatan KTP, SIM dan lain
sebagainya.
Isu Sosial
Isu sosial yang mengena meliputi
lingkup pekerjaan, kesehatan, tanggung jawab, citra pribadi dan kepentingan
nasional. Sejak pemunculannya yang pertama, komputer telah menimbulkan perasaan
takut dan prihatin. Walaupun keakraban terhadap komputer meningkat akhir-akhir
ini, gambaran yang wajar tentang peran komputer yang sesungguhnya yang ada di
dalam berbagai bidang pekerjaan perlu untuk di masyarakatkan.
Dampak
Positif
Komunikasi yang lebih baik.
Transportasi data yang cepat &
aman.
Pekerjaan selesai lebih cepat &
akurat.
Efisiensi
tenaga kerja
Dampak
Negatif
Manusia tergantung dengan komputer.
Kehilangan pekerjaan karena komputer
lebih cepat & teliti.
Hacker yang merusak data-data dalam
komputer walaupun sudah dipassword.
Manfaat komputer dalam kehidupan
sehari- hari :
1. Bidang Pendidikan
Dengan adanya komputer mempermudah bagi
pegawai administrasi sekolah untuk membuat kurikulum pengajaran , jadwal
pelajaran sekolah, membuat daftar nama siswa , membuat daftar nilai siswa ,
membuat absen siswa , membuat perhitungan gaji pegawai dan membuat perencanaan
pengajaran bagi guru-guru sekolah.
2. Bidang Kesehatan
Mempermudah Dokter dan Perawat dalam
memonitor kesehatan pasien monitor detak jantung pasien lewat monitor komputer,
aliran darah , memeriksa organ dalam pasien dengan sinar X.
3. Bidang Transportasi
Dengan komputer semua jadwal dan jalur
penerbangan yang transit dibandara bisa di program dan dijadwalkan dengan
komputer. Untuk menerbangkan sendiri pesawat dilengkapi dengan peralatan
komputer.
4. Bidang Jasa Pengiriman Barang
Kantor Pos bisa mengirimkan dokumen
pengiriman barang lebih cepat dan akurat.Dengan adanya komputer dan internet
orang tidak lagi menunggu berhari-hari menerima surat, cukup lewat email saja
lebih cepat dalam sekejap , jadi dunia menjadi semakin sempit dalam arti bisa
diakses sedemikian cepatnya.
5. Bidang industri Otomotif
Mobil-mobil di buat dari kerangka body,
mesin, peralatan elektronik di pabrik dengan bantuan robot yang dikendalikan
oleh komputer dengan leih akurat. Dengan bantuan komputer pabrik-pabrik
otomotif bisa memproduksi mobil dalam jumlah ratusan perbulan, yang tidak
mungkin dikerjakan secara manual dengan tenaga manusia.
6. Bidang Jasa Konstruksi
Dengan komputer para Insiyur dan
Arsitek mendesain gambar konstruksi dengan pemodelan dan perhitungan yang
akurat, cepat dan tepat. Gambar kontruksi didesain menggunakan program CAD,
sedangkan untuk perhitungan analisis menggunakan program SAP2000 atau STAD III
yang dioperasikan dengan bantuan komputer.
7. Bidang Jasa Percetakan
Percetakan koran, majalah , buku-buku,
semua dikerjakan dengan mesin yang di operasikan oleh komputer sehingga dalam
waktu singkat bisa mencetak buku atau majalah atau koran dalam jumlah ratusan
bahkan jutaan.
8. Bidang Industri Perfilman
Semua efek-efek di dunia akting ,
animasi, dan penyotingan adegan film semua di rekam dengan perangkat elektronik
yang dihubungkan dengan komputer.
9. Bidang Industri Rekaman
Bahwa untuk menghasilkan suara yang
bagus perlu pengaturan perekam dan modifikasi suara dengan media komputer,
serta mencetak lagunyapun di bantu dengan system komputer. Untuk mencetak album
kedalam VCD perlu bantuan pogram komputer untuk memproses pembuningan atau
pembakaran CD sehingga bisa merekam suara dengan kualitas sangat tinggi.
10. Bidang Pertahanan dan Keamanan
Negara maju seperti Amerika telah
dilengkapi dengan peralatan satelit yang dikendalikan dari Bumi, untuk memantau
keadaan dipermukaan Bumi, pada Perang dunia II, Amerika menggunakan Jaringan
Inteligen yang dilengkapi dengan Teknologi komputer modern sehingga bisa
mengalahkan lawan-lawanya.
* Isu dan Masalah Teknologi
Definisi
Teknologi
Istilah “teknologi” berasal dari
“techne “ = cara dan “logos” = pengetahuan. Teknologi dapat diartikan
pengetahuan tentang cara. Teknologi adalah cara melakukan sesuatu untuk
memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan akal dan alat, sehingga seakan-akan
memperpanjang, memperkuat atau membuat lebih ampuh anggota tubuh, pancaindera
dan otak manusia. [Iskandar Alisyahbana --1980] Teknologi sebagai” keseluruhan
metode yang secara rasional mengarah dan memiliki ciri efisiensi dalam setiap
bidang kegiatan manusia” [Jaques Ellul 1967: 1967 xxv]Masalah –
Masalah Sosial
Pandangan
positif : keuntungan yang didapat lebih besar dari kerugiannya
_ Teknologi
memberi keuntungan yang penting yaitu komunikasi yang lebih baik, berkurangnya
resiko pekerjaan, transportasi menjadi lebih cepat, meningkatkan kemampuan
produktivitas, dan pengurangan tenaga kerja.
Pandangan
negatif ; ketergantungan manusia terhadap mesin/alat, efek negatif bagi fisik
dan mental
Metode
Menampilkan Isu dan Masalah
Banyak cara untuk menampilkan dan
mendiskusikan masalah sosial yang timbul dari meningkatnya penggunaan komputer,
diantaranya yaitu :
1. Satu metode ditentukan dengan ketegori
yaitu mempelajari setiap area aplikasinya dan mengenali masalah yang penting.
2. mengajukan daftar permasalahan,
mempelajari setiap aplikasi untuk mengetahui apakah terkait dengan setiap
masalah.
3. Kedua pendekatan ini dapat
dikombinasikan cara ke 1 dan 2 kemudian membuat diagram yang menggambarkan
masalah sosial mana yang relevan untuk aplikasi-aplikasi tersebut.
Isu
– Isu Populer dalam Perkembangan Teknologi pada Abad 21
Pelanggaran
Hak Cipta Kekayaan Intelektual (Intellectual Property Copyright’s Violation)
§ Hak Cipta Kekayaan Intelektual (HAKI)
pertama kali disahkan pada tahun 1981 oleh Mahkamah Agung Amerika setelah kasus
Diamond Vs Diehr bergulir.
§ Hak paten atau hak cipta kekayaan
intelektual sangat penting karena memberikan hak kepada perusahaan software
tertentu untuk melindungi hasil karyanya dari pembajakan oleh perusahaan
software lain sekaligus memberikan peluang bagi mereka untuk menjadikan
software buatannya sebagai komoditas finansial yang dapat mendorong pertumbuhan
industri.
Isu
– Isu Populer dalam Perkembangan Teknologi pada Abad 21
Pelanggaran
Hak Cipta Kekayaan Intelektual (Intellectual Property Copyright’s Violation)
§ Hak
Cipta Kekayaan Intelektual (HAKI) pertama kali disahkan pada tahun 1981 oleh
Mahkamah Agung Amerika setelah kasus Diamond Vs Diehr bergulir.
§ Hak
paten atau hak cipta kekayaan intelektual sangat penting karena memberikan hak
kepada perusahaan software tertentu untuk melindungi hasil karyanya dari
pembajakan oleh perusahaan software lain sekaligus memberikan peluang bagi
mereka untuk menjadikan software buatannya sebagai komoditas finansial yang
dapat mendorong pertumbuhan industri.
§ Disebarluaskannya
penggunaan floppy disk drive pada PC hingga alat yang saat ini populer yaitu
CD-RW dan DVD-RW membuat kasus pembajakan software semakin marak di seluruh
dunia
Isu
Year Two Kilo Bug (Y2K Bug)
§ Isu ini muncul pada awal millenium
dimana masyarakat ditakutkan oleh adanya Y2K bug yang akan mengacaukan sistem
komputer di dunia teknologi informasi (IT) atau sistem informasi (IS) dan
menyebabkan kehancuran ekonomi dan seluruh sistem di dunia.
§ Permasalahan ini semakin kompleks dan
menghawatirkan dunia karena Y2K bug akan muncul di semua sistem komputer dan
mesin yang menggunakan tanggal atau waktu karena di dalamnya terdapat chip
terpasang (embedded chips) sehingga ia juga akan muncul pada bahasa
pemrograman, sistem operasi, sistem sekuriti, sistem perbankan, sistem
pemrosesan transaksi, sistem telepon, dan sebagainya.
Kecerdasan
Buatan (Artifical Intelligence)
§ Natural Language Processing
Merupakan bahasa pemrograman yang memudahkan manusia dalam mengoperasikan komputer sehingga pengguna tidak perlu mengetikkan bermacam key word untuk memberikan perintah tertentu.
Merupakan bahasa pemrograman yang memudahkan manusia dalam mengoperasikan komputer sehingga pengguna tidak perlu mengetikkan bermacam key word untuk memberikan perintah tertentu.
§ Speech recognition
Merupakan bahasa pemrograman yang menyediakan fitur bagi komputer untuk mengenali suara manusia sehingga hanya dengan menyebutkan kata kunci tertentu, komputer dapat langsung mengenali dan melakukan pekerjaan sesuai perintah yang diberikan oleh penggunanya.
Merupakan bahasa pemrograman yang menyediakan fitur bagi komputer untuk mengenali suara manusia sehingga hanya dengan menyebutkan kata kunci tertentu, komputer dapat langsung mengenali dan melakukan pekerjaan sesuai perintah yang diberikan oleh penggunanya.
§ Expert System
Keuntungan
dari adanya program ini antara lain:
1. Dipakai untuk membantu para dokter ahli
dalam mendiagnosa penyakit, dimana tidak semua informasi tentang penyakit dapat
dihapal oleh dokter ahli yang bersangkutan
2. Membantu bidang dimana hanya sedikit
orang yang ahli di bidang tersebut misalnya kanker payudara
3. Mampu menyimpan banyak informasi dan
dapat digunakan sampai kapanpun, tidak mengenal usia.
Komputer Vision
Merupakan komputer cerdas yang
dilengkapi dengan kamera yang dapat mengenali dan menganalisa gambar yang
dilihatnya berdasarkan kecocokan dengan template yang telah di masukkan dalam
otak komputer. Teknologi ini lebih dipakai untuk eksplorasi luar angkasa yaitu
meneliti bentuk permukaan dan batuan planet yang sulit dilakukan oleh manusia.
Masalah HAKI
Pembajakan kaset, CD (baik dalam format
aslinya ataupun dalam format MP3 dimana dalam satu CD dapat diisi dengan
ratusan lagu), VCD, buku, dan sotfware marak dilakukan di seluruh dunia, meski
yang menjadi sorotan adalah Asia (temasuk Indonesia di dalamnya). Teknologi
untuk memproteksi seperti watermarking, dongle, enkripsi, dan sebagainya dicoba
dikembangkan. Akan tetapi nampaknya pihak yang melakukan proteksi kalah langkah
dengan pihak pembuka (code breakers).
Sudut lain dari masalah HaKI adalah
adanya kelompok yang tidak setuju dengan proteksi yang berlebihan sehingga
mencoba mengambil pendekatan lain seperti dengan menggunakan jalan public
domain, copyleft, GNU Public License (GPL), dan sejenisnya. Cara ini tidak
memecahkan masalah yang ada, akan tetapi mencoba melihat permasalahan dari
sudut pandang yang lain. (Jika sudah public domain, maka tidak ada masalah
pencurian.)
Masalah
Nama Domain Internet
Masalah
nama domain ini cukup pelik dikarenakan di dunia ini ada beberapa pengelola nama
domain yang independen. Ada lebih dari dua ratus pengelola domain yang berbasis
teritory (yang sering disebut sebagai Country Code Top Level Domain atau
ccTLD). Sebagai contoh saya mengelola domain untuk Indonesia (.ID). Bolehkah
seseorang mendaftarkan nama domain yang sebetulnya ditrademarkkan di negara
lain? Darimana pengelola domain tahu bahwa nama tersebut merupakan trademark
yang terdaftar di negara lain?.
Masalah
Perizinan
Telekomunikasi di Indonesia masih
dimonopoli. Pelanggaran monopoli ini melalui teknologi sudah terjadi melalui
penyediaan jasa Voice over IP (VoIP) oleh beberapa orang dan perusahaan.
Bahkan, sudah ada kasus penangkapan orang yang menyediakan jasa VoIP. (Dalam
pemberitaan surat kabar bahkan disebutkan bahwa orang yang memberikan layanan
VoIP tersebut seolah-olah mencuri pulsa PT Telkom.) Layanan VoIP pada
prinsipnya adalah mengubah suara (voice) menjadi data dan mengirimkan data ini
melalui saluran Internet. Penyedia layanan VoIP berargumentasi bahwa yang dia
salurkan adalah data bukan voice oleh sebab itu dia tidak melanggar monopoli
Telkom dan Indosat. Pihak pemerintah merasa bahwa yang dikirimkan asalnya
berupa voice sehingga sebetulnya merupakan layanan suara (voice) juga. Ini
merupakan contoh bahwa teknologi mengubah segalanya. Dalam waktu dekat, tidak
hanya voice saja yang dapat dikirimkan dengan real-time akan tetapi juga
gambar. Maka akan terjadi Multimedia over IP.
Masalah Privacy
Di Indonesia masalah privacy masih
belum menjadi masalah yang besar. Di luar negeri, masalah privacy ini menjadi
perhatian utama. Seringkali kita mengisi formulir yang menanyakan data-data
pribadi (nama, alamat, tempat tanggal lahir, agama, status, dan sebagainya)
tanpa informasi yang jelas mengenai penggunaan data-data ini.
Masalah
Keamanan
Kejahatan yang ditimbulkan dengan
teknologi komputer dan telekomunikasi perlu diantisipasi. Istilah hacker ,
cracker, cybercrime mulai sering didengar. Kejahatan yang menyangkut orang
Indonesia juga sudah terjadi. Baru-baru ini seorang cracker Indonesia ditangkap
di Singapura dan diadili di sana. Ada lagi fraud yang dilakukan oleh pengguna
Internet Indonesia dengan tidak mengirimkan barang atau uang yang sudah
disepakati dalam transaksi e-commerce.
Kejahatan cyber umunya dapat disusuri
(trace) dengan bantuan catatan (logfile) yang ada di server ISP yang digunakan
oleh cracker. Akan tetapi seringkali ISP tidak melakukan pencatatan (logging)
atau hanya menyimpan log dalam kurun waktu yang singkat (dikarenakan besarnya
jumlah data yang harus dicatat). Logfile ini sebetulnya dapat menjadi bukti
adanya akses cracker tersebut. Namun logfile ini (jika ada) belum tentu dapat
menjadi bukti yang sah di pengadilan.
Opini Publik
Dari
survey publik hasilnya adalah :
Hingga akhir Th1950an komputer obyek
dikagumi, digambarkan tantangan kekuatan manusia pada pekerjaan, kemungkinan
kehilangan pekerjaan, mengancam kemampuan manusia dalam menyelesaikan masalah,
dan kebebasan individu.
tahun
1963;
1. fakta bahwa hanya orang terdidiklah
yang dapat menggunakan komputer,
2. komputer sebagai alat bertujuan
menyelesaikan masalah numerik seperti aplikasi bisnis; pembayan gaji dan
akunting, bidang luar angkasa, riset sains, dan masalah pertahanan.
3. Publik cenderung percaya bahwa alat
yang hebat, selalu memberikan hasil yang benar.
4. Publik tidak tahu bahwa komputer harus
diprogram dan dimonitor
5. Publik merasa ancaman terhadap
keberadaan manusia timbul dari pandangan bahwa komputer powerfull tapi tidak
mengasosiasikan ancaman ini dengan hilangnya pekerjaan.
Tahun
1971 Time magazine dan AFIPS melakukan survey untuk menentukan perilaku publik
terhadap komputer. Dari survey ini ada observasi yang
dikemukakan; september 1983 Lou harris melakukan study untuk southern
new england telephone ,”the road after 1984” yaitu pengaruh teknologi
terhadap masyarakat. Survey ini mengemukakan opini publik;
Pengaruh
Perubahan Teknologi
Fobia ; rasa takut dan menghindari
prospek lingkungan yang berbeda (cyberfobia/ computer fobia) All-consuming
; menimbulkan terasing dari lingkungan/ rekan kerja, perubahan pola masyarakat
dalam berinteraksi.
Penggunaan
Internet
Dampak
Positif:
1. Internet sebagai media komunikasi,
fungsi internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
2. Media pertukaran data, dengan
menggunakan email, newsgroup, ftp dan web dengan cepat dan murah.
3. Media untuk mencari informasi atau
data.
4. Kemudahan memperoleh informasi yang ada
di internet sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi.
5. Bisa digunakan sebagai lahan informasi
untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain
6. Kemudahan bertransaksi dan berbisnis
Dampak
negatif
1. terbukanya akses negatif ; Pornografi
2. Violence and Gore ; informasi yang
terkait dengan kekejaman dan kesadisan
3. Pemanfaatan jasa komunikasi oleh
jaringan teroris (Kompas)
4. Perkembangan dimensi kenjahatan baru ;
cyber crime - data didling, penipuan, carding, perjudian.
5. Mengurangi sifat sosial manusia karena
cenderung lebih suka berhubungan lewat internet daripada bertemu secara
langsung -> perubahan pola masyarakat dalam berinteraksi.
6. “Kecanduan “ komputer ; internet , game
0 komentar: