Robot Ini Bantu Pelanggan Cari Mesin Pembuat Kopi

Robot Ini Bantu Pelanggan Cari Mesin Pembuat Kopi


Liputan6.com, Robot merupakan industri yang terus berkembang di Jepang. Setelah lama dikembangkan untuk mengisi pekerjaan di pabrik dan perkantoran, sekarang robot dibuat untuk melakukan pekerjaan pemasaran. 

Nestle merupakan salah satu perusahaan yang memanfaatkan robot sebagai tenaga pemasaran. Robot bernama Pepper diposisikan di bagian depan toko untuk membantu pemasaran mesin pembuat kopi Nescafe Dolce Gusto dan Nescafe Gold Blend Barista di Jepang.

Pepper sendiri merupakan robot hasil kembangan Softbank yang memiliki tinggi badan 90 centimeter. Di dalamnya terdapat berbagai jenis sensor yang membuatnya mampu membaca ekpresi wajah manusia yang ada di hadapannya.

Dikutip dari Bloomberg, robot itu akan menyambut setiap pengunjung yang datang di toko Nestle dan menanyakan produk yang dicarinya. Menggunakan tablet yang tersemat di dadanya, Pepper akan berkomunikasi dengan pengunjung dan membantunya mencari mesin pembuat kopi yang sesuai kebutuhan.

"Pepper akan menjelaskan produk dan layanan Nescafe dan terlibat dalam percakapan dengan konsumen," ungkap Kohzoh Takaoka, president and CEO of Nestlé Japan.

Rencananya, perusahaan itu akan memakan 1.000 Pepper di tokonya pada tahun 2015 mendatang. Namun, rencana itu berjalan sangat lambat, hingga akhir tahun ini Pepper baru akan dipakai sebanyak 20 unit di toko yang dimiliki Nestle.

Mau tahu aksi robot Pepper saat berjualan mesin pembuat kopi? Silahkan simak video berikut ini.

0 komentar: