Robot Curiosity

Robot Curiosity


Headline


Bagi Anda yang mengikuti perkembangan penelitian Planet Mars dalam satu tahun terakhir, tentunya tidak asing lagi dengan Curiosity. Ini adalah robot berbentuk mobilrover yang didaratkan di Planet Mars pada Agustus tahun lalu.

Curiosity adalah robot tercanggih yang pernah dibuat oleh NASA. Biaya pembuatannya pun sangat besar, yakni mencapai US$2,5 miliar.

Curiosity beroperasi menggunakan daya nuklir yang membuatnya mampu beroperasi lama. Robot ini punya tangan elektronik dengan bor, laser dan laboratorium untuk mencium jika ada unsur-unsur pembangun kehidupan di Mars. Curiosity mampu pula mendeteksi radiasi Mars dengan akurat.

Level radiasi yang diukur Curiosity akan dikirim ke Bumi dan dianalisis oleh NASA. Ini untuk menentukan seperti apa lingkungan yang akan dihadapi astronot jika suatu saat mereka mendarat di sana.

Robot ini sebelumnya berhasil mengidentifikasi es di dekat kutub utara Mars dan bukti bahwa pernah ada aliran air di planet ini. Mungkin pernah ada suatu masa di mana air banyak terdapat di Mars.

Tujuan utama Curiosity adalah memeriksa bahan utama yang penting untuk kehidupan seperti nitrogen, fosfor, dan oksigen. Namun Curiosity tidak diperlengkapi alat untuk mencari organisme hidup.

0 komentar: