Instagram untuk Bisnis – Menarik Perhatian IG-ers!

Instagram untuk Bisnis – Menarik Perhatian IG-ers!


Instagram-untuk-Bisnis


Instagram untuk bisnis – ya, bahkan banyak bisnis mulai dari produk hingga jasa mengembangkan sayap ke #Instagram. Instagram sendiri adalah salah satu social media platfrom yang sedang nge-trendbeberapa tahun terakhir. Diketahui jumlah pengguna Instagram yang disebut “IG-ers” adalah sekitar 200 juta! Anda bisa bayangkan berapa banyak pasar yang Anda miliki?
Tidak hanya sampai di situ, terdapat 60 juta foto yang diunggah setiap harinya yang kemudian menghasilkan 1,6 miliar likes. Tidak heran, apabila banyak brand yang merambah ke Instagram, atau contoh kecil lainnya adalah toko-toko online juga bertabur di sini.
Memang tidak semua bisnis cocok dengan Instagram, mengapa? Ini karena fokus social media satu ini memang ke foto dan video, meski terdapat teks yang bisa disisipkan hashtag pula. Berikut beberapa bisnis yang cocok dengan Instagram:
  • Industri yang fokus pada pelayanan, seperti hospitality.
  • Hiburan / Entertainment.
  • Makanan dan minuman.
  • Fashion
  • Desain

Tehnik Marketing Instagram untuk Bisnis

Ada beberapa trik marketing yang bisa Anda lakukan di Instagram untuk bisnis Anda – guna menarik perhatian para IG-ers:

1. Kualitas Foto yang Menarik

Ya, daya tarik dari Instagram sejak awal adalah foto-foto yang dihadirkan oleh penggunanya. Pengguna berlomba-lomba mengunggah foto-foto menarik “dibalut” filter-filter klasik yang disajikan oleh Instagram. Tidak harus menggunakan filter-filter tersebut karena menurut statistik brand yang menggunakan filter dan tidak ada pada angka 50:50.
Namun yang pasti, agar menarik perhatian audience tentu saja Anda harus menampilkan foto yang menarik minat! Itu pasti, karena audience di sini memang mencari foto. Nah, kalau sudah menarik minat lewat foto, Anda bisa melakukan “serangan” selanjutnya.

2. Gunakan Hashtag

Sebagaimana social media Twitter, penggunaan hashtag menjadi sesuatu yang penting di Instagram selain foto itu sendiri. Hashtag pada Twitter berfungsi sebagai kategori, seperti halnya #Twitter. Anda bisa menggunakannya untuk memberi label produk Anda, produk khusus Anda ataupun kata-kata dan frase yang Anda buat sendiri. Bahkan, tahukah Anda bahwa hashtag yang dibuat sendiri tersebut akhirnya dipakai oleh pengguna Instagram lainnya.
Sedikit tips: gunakan hashtag yang bisa dipakai oleh siapapun. Sebagai contoh: Red Bull memakai hashtag #GivesYouWings. Frase dalam hashtag tersebut bisa cocok dengan foto lainnya. Nah, apalagi kalau Anda melancarkan “peluru hashtag” tersebut lewat kontes.

3. Buat Kontes

Salah satu cara terbaik dan populer di Instagram guna memperkenalkan atau meningkatkan brand awareness produk / jasa Anda adalah lewat kontes. Anda bisa mengajak baik customer Anda maupun calon customer. Seperti yang sudah disinggung mengenai hashtag, nah biasanya kontes ini membidik hashtag yang dia ciptakan tersebut. Untuk apa? Dengan penggunaan hashtag ini, pengguna lainnya tentu menjadi penasaran dan akan menelusuri tentang hashtag tersebut – hingga akhirnya didapati bahwa brand Anda-lah yang sedang mengadakannya.
Sedikit tips: Manfaatkan fitur tagging. Ya, di Instagram terdapat fitur tagging seperti halnya #Facebook. Dengan fitur ini, pengguna Instagram bisa melakukan tag pada foto yang dia posting. Setelah itu? Ketika Anda membuat kontes, Anda bisa mendorong pada IG-ers yang mengikuti kontes Anda untuk melakukan tagging ke teman-temannya.

Lalu Apa Lagi?

Ya, apalagi yang bisa Anda lakukan di Instagram untuk bisnis Anda? Mendapatkan perhatian di antara 200 juta pengguna Instagram tentunya bukan hal yang mudah pula. Hal ini juga tidak hanya soal mendapatkan banyak follower dan likes. Anda tidak sedang hanya menjadi seleb-gram (sebutan untuk para “artis” di Instagram), bukan? Tetapi lebih dari itu, Anda sedang memasarkan bisnis Anda dan menghasilkan konversi. Jadi, apa lagi yang dibutuhkan? Berikut beberapa tipsnya:
1. Pesan Singkat dan Jelas Namun Menarik Perhatian
Sebagaimana telah disinggung tentang penggunaan hashtag, Anda bisa berfokus pada penggunaan hashtag aneh dan spesial untuk menarik perhatian. Tahukah Anda bahwa biasanya follower senang untuk melibatkan diri apabila melihat orang lain juga tertarik pada hal sama. Menjadi viral marketing, bukan?
2. Customer Jadi Pusat Perhatian
Setelah Anda menarik perhatian pada produk / jasa Anda maka sekarang saatnya untuk jadikan customer sebagai pusat perhatian. Customer senang untuk diberi apreasiasi. Caranya? Anda bisa mengajak mereka untuk mengirimkan gambar dimana terdapat produk Anda di situ. Tahukah Anda dengan cara ini Anda bisa semakin memperdalam ikatan antara brand Anda dan customer.

0 komentar: