Cara Bijak untuk Menangani Kritik di Media Sosial

Cara Bijak untuk Menangani Kritik di Media Sosial


Ilustrasi dari CNN.com


Keberadaan sosial media sudah berkembang menjadi sebuah media komunikasi yang juga dijadikan tempat menyampaikan pendapat. Para pengguna #sosial media di seluruh penjuru dunia dapat bebas mengemukakan pendapat mereka melalui sosial media. Siapapun Anda, apaun profesi Anda, sosial media menjadi wadah untuk menyalurkan aspirasi dan menyampaikan pendapat Anda mengenai berbagai tren dan kondisi sosial lainnya.
Fungsi sosial media sebagai sarana penyampaian pendapat kadangkala membuat para pebisnis mulai kewalahan dalam menanggapi pendapat khalayak ramai terhadap bisnis yang sedang dirintis. Tak selamanya penggunaan media sosial sebagai sarana pengembangan bisnis akan berjalan mulus. Akan ada komentar-komentar pedas, kritik yang terkesan kasar atau pendapat orang yang membandingkan bisnis Anda dengan keunggulan bisnis sejenis lainnya.
Seorang pebisnis yang berjiwa besar dan berkomitmen untuk mengembangkan bisnis tentu harus memiliki kepala yang dingin dalam menghadapi setiap kritik pedas, saran atau komentar dari para pengguna sosial media. Beberapa tips berikut ini mungkin dapat membantu Anda untuk bersikap bijak dalam menangani kritik di media sosial:

1. Meningkatkan Kualitas Kesabaran Anda

Anda mungkin tidak bisa mengubah pendapat sebagian masyarakat yang tidak menyukai keberadaan bisnis Anda. Namun kesabaran dan sikap bijak yang Anda sampaikan dapat membuat penggun socia media lainnya memberikan respect yang positif bagi keberadaan bisnis Anda. Jadi, tak ada ruginya bila Anda selalu bersikap manis dan bijak di sosial media.

2. Berusahalah Bersikap Netral

Hendaknya Anda bersikap senetral mungkin bila Anda terjebak dalam suatu situasi diskusi atau debat di sosial media. Bantulah kedua pihak yang terlibat dalam perdebatan untuk berusaha mengoreksi diri dan menilai kembali perspektif masing-masing pihak.
Memberikan saran berupa win-win solution akan menjadi nilai tambah bagi diri Anda sendiri. Jadi, jangan pernah berpihak pada pihak mana pun, tapi cobalah memberi solusi terbaik bagi perdebatan yang sedang terjadi.

3. Stay Focused

Tetap fokus dengan tujuan Anda dalam menggunakan sosial media akan membuat Anda lebih berkonsentrasi untuk menyajikan berbagai data, inovasi atau fakta menarik seputar hal-hal yang berkaitan dengan bisnis Anda.

4. Hargailah waktu Orang Lain

Penggunaan sosial media memang mempermudah Anda untuk membagikan beragam konten dan informasi dari mana pun di waktu kapan pun yang Anda suka. Namun ingatlah bahwa pengguna sosial media lainnya juga memiliki aktivitas lainnya selain memperhatikan sosial media. Jadi, mulailah mencoba menghargai waktu orang lain. Bagikan konten dan informasi di waktu-waktu prime time.
Hindari posting konten yang terlalu panjang karena hal ini dapat membuat pengguna sosial media lainnya merasa malas dan akhirnya mengkritik perilaku Anda. Daripada menyajikan konten yang terlampau panjang dan membosankan, konten-konten singkat, padat dan menarik biasanya menjadi suatu bentuk konten yang digemari banyak orang.

5. Cobalah Membuat Percakapan Langsung di Dunia Nyata

Bila Anda terlibat dalam suatu konflik panas di sosial media,coba pikirkan apakah konflik tersebut memang worthed untuk diselesaikan di kehidupan nyata. Bila konflik tersebut memang sangat mengganggu kinerja dan kredibilitas bisnis Anda, ada baiknya bila Anda menghubungi orang yang bersangkutan untuk menyelesaikan masalah secara bijak di kehidupan nyata. Namun bila masalah tersebut masih dapat diselesaikan dengan perantaraan sosial media, cobalah untuk meminta maaf dan menetapkan solusi yang terbaik.

6. Bersikap Tegas Menyikapi Komentar Kasar

Bila Anda terlanjur merasa tak nyaman dengan perilaku pengguna sosial media lainnya yang menyerang dan mengganggu Anda secara kasar, mem-block merupakan salah satu jalan keluar terakhir yang harus dilakukan. Mem-block akun orang lain mungkin akan terkesan ekstrim dan kasar, namun ini adalah satu-satunya jalan terbaik bila pengguna sosial media tersebut tidak dapat diajak bernegosiasi dan menyelesaikan permasalahan secara bijak. Agar Anda lebih fokus dan tidak merasa risih di socia media, cobalah untuk mem-block akun yang sering mengganggu Anda dengan serangan-serangan kasar.

0 komentar: