3 Robot Paling Canggih dan Mengagumkan

3 Robot Paling Canggih dan Mengagumkan

Robot telah menjadi bagian integral masyarakat dunia, khususnya masyarakat Jepang. Negara berjuluk 'Negeri Matahari Terbit' ini memang tergolong rajin dalam menciptakan berbagai produk dan gadget canggih, termasuk robot.
Headline
Beberapa robot canggih berhasil dirancang, dikembangkan serta diproduksi di Jepang. Namun, ternyata tak hanya Jepang, beberapa negara maju lainnya pun turut menciptakan berbagai robot canggih meski secara kuantitas tidaklah sebanyak produksi Jepang.
Berikut ini adalah 10 robot canggih dan mengagumkan yang pernah hadir di muka Bumi ini:

Murata Seiko Chan
Headline
Murata Seiko Chan adalah robot perempuan yang bersepeda dengan satu roda. Robot ini diciptakan untuk memenuhi permintaan pasar, khususnya masyarakat Jepang yang terpesona dengan produk robot sebelumnya yaitu Murata Boy.

Murata Seiko Chan adalah robot mainan yang dilengkapi dengan bluetooth, kamera, sensor ultrasonik yang dapat mengirimkan video. Robot berbobot 5 kg dengan tinggi 75 cm ini diluncurkan pertama kali pada tahun 2009.

Humanoid
Headline
Humanoid adalah robot besutan produsen otomotif Toyota yang mampu bermain alat instrumentalia terutama biola yang dipertunjukkan pertama kalinya pada tahun 2007.

Dalam penampilan perdananya, robot canggih ini dapat memainkan karya Elgar, Pomp and Circumstance. Meskipun kualitasnya tidak sebagus permainan biola oleh manusia, tetapi ini cukup menghibur.

Robot ini juga mampu berkolaborasi dengan manusia dalam memainkan biola sehingga menjadi pertunjukkan yang menarik.

Humanoid juga pernah hadir di Jakarta pada tahun lalu dalam ajang pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012.

Rollin Justin
Headline
Rollin Justin adalah sebuah robot canggih yang diciptakan oleh pusat ruang angkasa Jerman (DLR). Rollin Justin memiliki kemampuan sigap dalam menangkap benda-benda yang dilemparkan ke arahnya serta dapat membuat kopi.

Robot berwarna biru ini dilengkapi dengan kamera stereoskopik dan berbagai software canggih. Tingkat akurasi robot ini mencapai 80% dalam menangkap bola, menghindari rintangan bahkan mengenali manusia.

Kelebihan ini dapat ditingkatkan dengan dilakukan beberapa perbaikan agar robot Rollin Justin lebih manusiawi.

0 komentar: